Untitled Document
     
 
 
FE Unimus Gelar Talk Show `Implementasi Perbankan Syariah pada Era Global`

Ekonomi Syariah di Bahas di FE UnimusDirektur Bank Muamalat Cabang Semarang, Karsono mengatakan, untuk meningkatkan daya saing di era globalisasi perbankan syariah akan menerapkan sejumlah strategi.

Kami akan menyiapkan produk investasi global yang bisa diakses oleh seluruh masyarakat termasuk investor asing. Adapun strategi kami adalah membidik investor asing yang berasal dari negara Timur Tengah, ungkapnya dalam talkshow Implementasi Perbankan Syariah di Era Global di Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Semarang, Selasa (3/6).

Talkshow Ekonomi Unimus 2014Kendati demikian, lanjut dia, upaya awal yang harus dilakukan adalah memasyarakatkan prinsip syariah kepada masyarakat luas. Tidak hanya untuk umat muslim tetapi juga kepada agama atau aliran lainnya.

`Kami memang perlu melakukan ekspansi segmen pasar bank syariah. Sebab, nilai universalitas akan menjadikan bank syariah dapat diterima untuk semua kalangan,` imbuh Karsono.

Disamping itu Bank Muamalat juga akan menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mengakselerasi sekaligus inovasi produk perbankan syariah. Upaya itu dilakukan agar produk yang akan digunakan secara luas dapat menjadi kekuatan bisnis pada bank syariah.

Sementara itu Bank Indonesia merilis, meskipun pangsa pasar bank syariah hanya sekitar 5%-6% dibandingkan bank konvensional, tetapi pertumbuhan dan penyaluran kreditnya lebih tinggi.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional Jateng-DIY, Y Santoso Wibowo menyampaikan, pangsa pasar perbankan syariah memang kecil. Kendati demikian ada hal-hal positif dari lembaga keuangan berprinsip syariah.

`Untuk total aset bank syariah per Maret 2014 sebesar Rp 250 triliun, kondisi itu jelas jauh dengan total aset bank nasional sebesar Rp 4.800 triliun. Akan tetapi pertumbuhan bank syariah mencapai 45%, sedangkan bank konvesional hanya 18%,` ungkapnya.

Ke depan, lanjut dia, perlu ada diversifikasi produk bank syariah dan mendorong intermediasi melalui bazar. Tujuannya adalah memasyarakatkan bank syariah.

  Untitled Document
BERITA LAIN  
 
WORKSHOP PENGEMBANGAN EKONOMI PONDOK PESANTREN
21 April 2021

 
SEMINAR NASIONAL MILLENIAL ENTREPRENEUR FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG
18 April 2021

 
FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG ADAKAN SEMINAR INTERNASIONAL 1ST I-COBES (INTERNASIONAL CONFERENCE ON BUSINESS, ETREPRENEUR AND SCIENCE)
18 April 2021

 
Mahasiswa Prodi Akuntansi Unimus Turut Berpartisipasi Dalam ULTAH IAI Ke 60
30 Nov -0001

 
Bedah Buku Manajemen Bisnis Berbasis Pandangan Islam
30 Nov -0001

 
KSEI UNIMUS MENJADI TUAN RUMAH RAKERKOM KSEI KOMISARIAT SEMARANG
30 Nov -0001

 
Seminar Internasional Ekonomi Islam | Islamic Binking Opportunity and Challenger
30 Nov -0001

 
PELANTIKAN DAN TALKSHOW BEM FE UNIMUS
30 Nov -0001

 
ENGLISH COMMUNITY FOR ECONOMIC FACULTY
30 Nov -0001

 
`SUSTAINING ECONOMIC CLIMATES THROUGH BUSINESS, ECONOMICS & LAW HOTEL PUTRA, JALAN TUN RAZAK, KUALA LUMPUR, MALAYSIA 29 – 30 NOVEMBER 2014
30 Nov -0001

 
 
  Indeks Berita  
 
  Dibaca 715 kali | Diposting pada 30 Nov -0001  
   
  Share  
       
       
       
 
     
 
  Copyright © 2012  Fakultas Ekonomi UNIMUS